MOHON PAMIT

PENGHARGAAN SETINGGI TINGGINYA KEPADA MASYARAKAT GENDING DAN PELAKU PNPM DI INGKAT KECAMATAN, ATAS JERIH PAYAHNYA MEMBANTU SUKSESNYA PNPM-MP DI KECAMATAN GENDING, SAYA FIRDAUS ROSYIDI MOHON PAMIT PINDAH TUGAS, SEKALIGUS PERMINTAAN MAAF TIDAK BISA PAMIT SECARA LANGSUNG KARENA SUDAH HARUS BEKERJA DILOKASI KECAMATAN BARU YAITU DI KECAMATAN SUKOREJO KAB. PASURUAAN, SAMPAI DISI SAYA MENGHANTARKAN PROGRAM SEMOGA BERMANFAAT, BILAMANA DALAM PENDAMPINGAN SAYA SELAMA INI BERTUTUR KATA, TINGKAH LAKU DAN UCAPAN YANG KURANG BERKENAN SUDILAH KIRANYA DIMANFAATKAN. TRIMAKASIH SEMUA SALAM PISSSS
Kecamatan Gending secara geografis terletak 12 km sebelah timur dari kota Probolinggo yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang menerima bantuan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) kecamatan Gending menerima bantuan pertama di Tahun Anggaran 2009 ini, yaitu sebesar Rp. 2.000.000.000,-. Dana Bantuan Langsung Masyarakat ini terdiri dari 20% dana cost sharing sebesar Rp. 400.000.000,- dan 80% dana APBN sebesar Rp. 1.600.000.000,-.

Dana PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan Gending pada tahun 2009 di alokasikan untuk kegiatan Simpan Pinjam Khusus Perempuan 12 desa dan kegiatan prasarana 12 desa juga. Jumlah Desa se-Kecamatan gending adalah 13 desa, 1 dari dari 13 desa tersebut menolak dana PNPM-MP di T.A 2009 dengan alasan dana tidak mampunya menyokong besaran swadaya sebesar Rp. 11 juta, penolakan juga terjadi dikegiatan Simpan Pinjam Perempuan dengan alasan terlalu banyak yang diloloskan oleh Tim Verifikasi pada saat itu sehingga diprediksi oleh desa yang bersangkutan akan menghambat proses pengembalian, sedangkan Kegiatan SPP Kec. Gending secara umum yang sudah berjalan diperuntukkan bagi 31 kelompok SPP 688 Pemanfaat dan kegiatan prasarana sebanyak 21 usulan kegiatan. Total penyerapan dana SPP untuk pemanfaat Rp. 386.452.000 dan untuk sarana/prasarana Rp 1.513.548.000, yang membanggakabn diposisi bulan desember 2009 surplus untuk SPP sebesar Rp 11,6 juta, tingkat pengembalian 100% .

Untuk tahun 2010 ini Kec. Gending mendapat 3 Milyard semua desa berpartisipasi mengikuti MAD Sosialisasi pada Hari Jumat tanggal 29 januari 2010. selanjunya dilakukan MD Sosialisasi dan MD Validasi dan konfirmasi dengan waktu yang bersamaan, dilaksanakan mulaii tgl 2 -9 Februari 2010, beberapa desa yang melakukan musyawarah tsb sangat aktif dan dinamis karena dalam acara tersebut sebagian ada pergantian Pengurus TPK. Peserta musyawarah menghendaki pergantian dan pergeseran dikarenakan Pengurus lama masih belum mengedepankan prinsip PNPM-MP yaitu transparasi dalam pelaporkan keuangan ke masyarakat, sehingga tercatat dari 13 Desa, ada 5 desa yang melakukan pergantian pengurus antara lain adalah Desa Jatiadi, Bulang, Klaseman, Brumbungan, pikatan. Dan Gending Besar harapan pergantian pengurus akan lebih baik.

Tidak ada komentar: